Senin, 18 Maret 2013

PT DI Serahkan Enam Helikopter Tempur ke TNI AD


detail berita
Bell 412 EP (keypublishing.co.uk)

BANDUNG - Enam helikopter senilai USD86 juta diserahterimakan dari Kementerian Pertahanan kepada TNI Angkatan Darat di hanggar rotary wing PT Dirgantara Indonesia (DI), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/3/2013) siang.
 
Helikopter tipe Bell 412 EP itu diproduksi PT DI dengan nilai kontrak mencapai USD86 juta. Direktur Utama PT DI, Budi Santoso, menyerahkan langsung enam helikopter tersebut kepada pihak TNI AD.

Bell 412 EP merupakan helikopter serba guna yang ditenagai sepasang mesin dengan empat rotor penggerak baling-baling dan dua rotor penggerak sirip belakang. Masing-masing helikopter mampu mengangkut hingga 13 orang.

Helikopter itu juga dipersenjatai dengan senapan GPMG kaliber 7,62 milimeter di bagian kiri dan kanan. Sebagai tambahan, kamera pengawas dan perangkat penyelamatan disematkan di bagian bawah kokpit

Dengan kemampuan tersebut, Bell 412 EP bisa menjadi helikopter serba guna untuk segala jenis operasi, mulai perpindahan personel, penyelamatan, hingga pemadam kebakaran.

Wakil KSAD, Letjen TNI Moeldoko, mengatakan, penyerahan gelombang pertama ini lebih cepat dari jadwal semula. Tahun ini, PT DI akan menyerahkan kembali helikopter pada September, Oktober, dan November 2013.

Nantinya, enam helikopter tersebut akan melengkapi skuadron penerbangan di Semarang, Jakarta, dan di wilayah Sumatera Selatan.

Ditargetkan, seluruh 33 kodam di Indonesia akan memiliki minimal satu helikopter Bell 412 EP. TNI AD masih menunggu 16 unit helikopter lainnya senilai USD170 juta.


Sumber: http://bandung.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar